Saturday, September 21, 2019

Pesan untuk Generasi islam. oleh Imam Muslim


Pertama-tama marilah kita senantiasa bersyukur atas limpahan rahmat dan nikmat yang Allah berikan kepada kita, yang telah memberikan banyak nikmat kepada kita. Nikmat iman, nikmat sehat, sehingga kita bisa dikumpulkan oleh Allah di majelis yang Insya Allah di berkahi oleh Allah SWT serta dinaungi oleh para malaikat.
Tak lupa shalawat serta salam tak henti-hentinya kita haturkan kepada Rasulullah SAW, yang kita tunggu syafaatnya di hari kiamat nanti. Semoga kita termasuk golongan umat yang mendapatkan syafaatnya kelak. Amiin.  
Bapak ibu yang saya hormati, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan:

         Pemuda Islam di Era Globalisasi 
  Hadirin yang dirahmati oleh allah swt Era globalisasi merupakan zaman dimana berubahnya setiap aspek kehidupan  karena pengaruh dari budaya luar yang dapat merusak moraal dan ahlak pemuda islam khususnya. Pengaruh globalisasi tidak hanya berdampak negatif, tetapi pasti ada dampak positifnya juga.Mengungkap masalah pemuda islam di era globalisasi, sangatlah banyak pengaruh yang timbul karena budaya-budaya barat yang bebas masuk ke timor lest, Globalisasi merupakan sebuah sistem yang tidak dapat kita cegah. Yang mana sebuah prosesmenuju sistem kehidupan yang global terbuka secara luas dalam segala aspek kehidupan manusia.

        Hadirin yang dirahmati allah
Hal itu secara tidak langsung spontan mempengaruhi generasi muda islam yang ada di di timor leste tercintaini, bahkan bisa merusak moral generasi muda Islam timor leste yang sangat minoritas. di Era globalisasi merupakan siklus perputaran zona kehidupan yang semakin menjauh darisyari’at islam. Mari kita simak firman Allah sebagai berikut:     
Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyuruh kepada kebajikan,
yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung. (Q.S Ali Imran 104)Yang dapat kita ambil dari firman Allah swt. Berikut adalah sebagai seorang generasi muda islam harus memiliki pendirian yang teguh dan tidak mudah goyah dan diombang-ambing oleh  pengaruh-pengaruh dari luar yang dapat merusak idetitas kita sebagai umat terbaik untuk alam semesta ini.

       Hadirin yang dirahmat Allah
 Agar tidak terpengaruh maka seorang pemuda harus yakin akan adanya Allah swt. Dan jangan pernah mengikuti gaya hidup mereka yang tetengan dengan tatanan kehidupan islam. Dan allah berfiman dalam alquran: Hai orang-orang yang beriman, jika kamu mentaati (mengikuti) orang-orang yang kafir itu, niscaya mereka mengembalikan kamu ke belakang kepada kekafiran, lalu jadilah kamu orang-orang yang rugi. (QS. Ali Imran 149)
Tetapi sangatlah susah untuk membuat seorang pemuda teguh dalam pendiriannya.Contohnya ada salah satu media televisi mengeluarkan acara yang tidak senonoh dalam hal berbusana, dalam situasi ini generasi muda islam masih banyak yang terpengaruh gaya hidup yang sebenarnya tidak diperuntukan untuk generasi penerus islam, tetapi ada pula generasi muda islam yang tidak terpengaruh sama sekali.Membahas era globalisasi, dalam hal ini peran generasi muda islam sangatlah dibutuhkan,karena suatu negara akan kuat apabila generasi mudanya memegang teguh kepada apa yang di
syari’atkan islam dan melakukan pergerakan ke arah yang positif untuk kemajuan
 agama islam.Selain dari segi berbusana, pemuda islam pada zaman sekarang telah dibutakan oleh banyaknya IPTEK yang bermunculan seperti teknologi komunikasi dan informasi yang dapat membuat lupa akan kewajiban sebagai khalifa dimuka bumi ini. Teknologi itu seperti handphone,saat ini telah banyak bermunculan handphone yang dapat digunakan sebagai social media seperti facebook, twitter, line, whatsapp, BBM, dan sebagainya.
Teknologi itu semakin hari semakin canggih dan membuat  generasi muda islam salah dalam mempergunakan waktu mereka yang lebih banyak facebook-an dibanding dalam hal beribadah. Itu membuktikan bahwa teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan generasi muda islam. Meskipun demikian, itu tergantung dari generasi muda islam itu sendiri, bagaimana menyikapinya, apakah hal tersebut baik atau buruk untuk mereka lakukan.Berikut peran pemuda islam dalam menyikapi tantangan globalisasi seperti,hadirin yang dirahmati oleh Allah.
Sebab itu mari kita simak kalam allah sebagai beikut: Dan janglah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36)

 1.  Harus menjadikan pengaruh-pengaruh dari luar baik yang positif maupun negatif dijadikan sebagai pola pemikiran untuk maju menjadi lebih baik dan mengajak pemuda islam lainnya untuk tidak fokus pada hal-hal yang akan berdampak negatif

 2.  Harus menjadikan tolak ukur, seberapa besar kesetiaan generasi muda islam dalam mengukuhkan agamanya dengan bersikap menutup diri dari budaya dan gaya hidup orang barat yang mengarah pada inmoral atau norma-norma agama, sebagai generasi muda islam yang baik.

 3. Menyebarkan ilmu yang dimiliki kepada sesama meski hanya sebutir padi.Karena itu sangat berarti untuk kemajuan generasi muda islam di timor leste yang kita cintai ini.
 4. Membuat suatu gerakan untuk mencegah budaya luar yang berdampak negatif bagi generasi muda islam sebagai menyatur penerus cerita sejarah masa depan islam dinegara tercinta timor leste itu sendri, untuk itu mari kita menyatukan para generasi muda berjuang untuk tetap menjunjung tinggi nilai-nilai agama islam menjadi lebih baik negri ini.agar generasi penerus kita tidak terbawa arus budaya barat yang bertentangan dengan budaya islam yang luhur, yang kita anut saat ini.
Hadirin yang dirahmati oleh allah; dan jangan kita terpengaruh untuk  mengikuti tipudaya mereka. sesuai dengan hadist Nabi: Barangsiapa mengikuti suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari kaum itu (HR. Abu Daud & Ahmad) 
demikian cerama singkat, agar dapat bemamfaat bagi pembicar dan hadirin sekalian dirahmati oleh allah swt..amin yarb.

No comments:

Post a Comment